Sastra Madura: dari Lisan sampai Modern

Syi’ir merupakan sastra yang hidup dan berkembang dari pesantren yang tentu menjadi salah satu bentuk sastra/puisi Arab. Umumnya syi’ir ditulis oleh para santri jaman dahulu di luar waktu belajar, yang kemudian  sering dijadikan  salah satu bentuk pengantar dzikir saat menjelang waktu sholat Maghrib di surau, langgar atau musholla dan dilantunkan dengan suara merdu, yang kemudian merambah ke luar pesantren, dengan berbagai variasi irama atau lagu-lagunya.

Bentuk syi’ir tak beda dengan syair-syair Melayu lama sebagaimana contoh:

//Astaughfirullah heran kaula/zaman samangken banynya’ se gila/banynya’ rosagan se bala-bala/jau kalaban zaman se bila//

//ngimanagee dha’ naraka/neko enggun reng durhaka/labangnga petto’ banynya’na/kapantha petto’ barnana/egiring oreng se kafer/kalaban oreng se mongker/para’ ka pengggirra/nangis aeng mata dhara/malaekut laju ngoca’/ma’ ta’ nanges ka Allah lamba’/erantai tanang le’erra/acabbur ka tengnga’anna/kalabang olar ban kala/laju nyander ka reng sala/dhalem apoy reng-cerrengan/laban thowat long-tolongan//

//neserra badan bila pon mate/coma e bungkus labun se pote/kalamon ta’ esaporana Guste/ta’ burung ancor tolang se pote//

//Ajja’ denggi sasamana/Makhluk Alla dha-padhana/Gutong rojung/Gampang olle//(Moh. Tayib) 

Bak-Tebbagan(teka teki): contoh:

–    mon  egagap badha, nangeng bila etole’e tadha’ (kopeng)

–    ka bara’ calat, ka temor calat (calatthong)

–    ta’ tol jan bat (ata’na butol ojanna lebat)

–    solorra ka taman, konco’na ka accem (ajam)  

dan semacamnya.

Paparegan,

Puisi pendek yang memakai sampiran dengan menggunakan pola rima  a b a b, seperti contoh:

Blarak klare
Trebung manyang
Baras mare
Tedung nyaman

Atau

Ka gunong ngala’ nyarowan
Kope bella kabadhdha’a
Pekker bingong ta’ karowan
Nape bula katamba’

Selain contoh-contoh tersebut, masih banyak bentuk-bentuk sastra lainnya,  baik yang ditulis maupun yang diucapkan, yang tidak mungkin semua dapat ditulis dalam makalah ini, namun tampaknya saat ini  telah menghilang dari peredaran. Bahkan ditengarai budaya-budaya yang secara tradisional awalnya semarak, kini tidak lagi mendapat perhatian masyarakat, karena berbagai faktor klasik, yang memungkinkan pada saatnya nanti akan punah.

Artikel bersambung;

  1. Problematika dan Perkembangan Bahasa Sastra Madura
  2. Muatan Lokal Sebagai Alternatif Awal
  3. Sastra Madura: dari Lisan sampai Modern
  4. Revitatalisasi Bahasa dan Sastra Madura

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.