▲ Menuju 🏛 HomeSejarah MaduraMenggali Sejarah Bangkalan, dari Pra Islam Hingga Cakraningrat

Menggali Sejarah Bangkalan, dari Pra Islam Hingga Cakraningrat

Madura Barat (Bangkalan) Masa Hindu dan Budha

Bangkalan dulunya lebih dikenal dengan sebutan Madura barat. Penyebutan ini, mungkin lebih ditekankan pada alasan geografis. Soalnya, Kabupaten Bangkalan memang terletak di ujung barat Pulau Madura. Dan, sejak dulu, Pulau Madura memang sudah terbagi-bagi. Bahkan, tiap bagian memiliki sejarah dan legenda sendiri-sendiri. Berikut laporan wartawan Radar Madura di Bangkalan, Risang Bima Wijaya secara bersambung.

Menurut legenda, sejarah Madura barat bermula dari munculnya seorang raja dari Gili Mandangin (sebuah pulau kecil di selat Madura) atau lebih tepatnya di daerah Sampang. Nama raja tersebut adalah Lembu Peteng, yang masih merupakan putra Majapahit hasil perkawinan dengan putri Islam asal Campa. Lembu Peteng juga seorang santri Sunan Ampel. Dan, Lembu Peteng-lah yang dikenal sebagai penguasa Islam pertama di Madura Barat.

Namun dalam perkembangan sejarahnya, ternyata diketahui bahwa sebelum Islam, Madura pernah diperintah oleh penguasa non muslim, yang merupakan yang berasal dari kerajaan Singasari dan Majapahit. Hal ini diperkuat dengan adanya pernyataan Tome Pires (1944 : 227) yang mengatakan, pada permulaan dasawarsa abad 16, raja Madura belum masuk Islam. Dan dia adalah seorang bangsawan mantu Gusti Pate dari Majapahit.

Pernyataan itu diperkuat dengan adanya temuan – temuan arkeologis, baik yang bernafaskan Hindu dan Bhudda. Temuan tersebut ditemukan di Desa Kemoning, berupa sebuah lingga yang memuat inskripsi. Sayangnya, tidak semua baris kalimat dapat terbaca. Dari tujuh baris yang terdapat di lingga tersebut, pada baris pertama tertulis, I Caka 1301 (1379 M), dan baris terakhir tertulis, Cadra Sengala Lombo, Nagara Gata Bhuwana Agong (Nagara: 1, Gata: 5, Bhuwana: 1, Agong: 1) bila dibaca dari belakang, dapat diangkakan menjadi 1151 Caka 1229 M.

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
Ditayangkan: 06-05-2011 | dibaca : 20,650 views
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫

Yang Menarik: 

4 thoughts on “Menggali Sejarah Bangkalan, dari Pra Islam Hingga Cakraningrat”

  1. adakah hubungan p.cakraningrat dngn ki kalisep,nyi bendene serta mbah muhammad ali alias mbah suro yg kty guru pncak silat dibangkalan..??

    1. Saya tidak tahu persis hubungan silsilah tersebut. Kemungkinan bisa terjadi, sebab ketokohan seseorang (dalam bidang apapun) biasanya terkait dari para pendahulunya. Namun hal itu masih perlu penelusuran lebih dalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kembali ke Atas

Home - Sejarah Madura - Budaya Madura - Tradisi Madura - Sastra Madura - Wisata Madura
Tokoh Madura - Peristiwa Madura - Legenda Madura - Permainan Anak Madura
Penginapan di Madura - Jarak Kota Jawa Timur - Jarak Kota Jawa Bali
Forum Madura - Kirim Artikel - Komentar - Daftar Isi