▲ Menuju 🏛 HomeSejarah MaduraSekilas Mengenal Sekitar Madura

Sekilas Mengenal Sekitar Madura

pulau-maduraSiapa tak mengenal Madura. Berbagai konotasi plus minus kerap dilontarkan oleh orang-orang dari luar Pulau Madura. Konotasi plus, karena Madura memiliki keunggulan tradisi yang barangkali tidak dimiliki oleh etnik lainnya, dan bahkan fenomena kebudayaan Madura kerap menjadi obyek para peneliti untuk lebih mengenal tentang apa dan bagaimana Madura.

Sisi lain, konotasi minus masyarakat Madura, karena meiliki karakter “keras”, meski sebenarnya dipahami sebagai karakter “tegas”. Carok, premanis di kota-kota besar, dan selalu tampak menduduki usaha kelas ekonomi rendah, sehingga konotasi ini menjadi “bumerang” orang-orang Madura, meski dalam pemahaman keliru.

Secara geografis Madura merupakan gugusan pulau yang terletak diujung paling timur Pulau Jawa. Madura juga  di kenal sebagai daerah dengan alam yang tandus. Wilayah Madura terdiri dari sekitar tujuh puluh pulau lebih, dalam kesamaan memiliki budaya etnik, yaitu budaya Madura.

Karena karakteristik itulah, plus minus Madura, demikian gencar menjadi sorotan masyarakat luar, apalagi ketika terjadi kasus Sampit (perselisihan antara masyarakat etnik Madura dengan Dayak di Kalimantan pada tahun 2005), yang kemudian menjadi konflik yang benar-benar menyita pemikiran semua pihak, mengakibatkan “popularitas” Madura  semakin terangkat. Namun demikian Madura adalah Madura dengan plus minus yang justru menjadi kebanggaan masyarakat Madura sendiri.

Pulau Madura termasuk propoinsi Jawa Timur. Pulau ini terkenal sebagai pemasok garam nasional bagi Indonesia. Pilihan bertambak garam bagi penduduk Madura disebabkan kurang begitu suburnya tanah pulau ini bagi pertanian. Karena alasan serupa, banyak orang Madura menjadi perantau ke daerah-daerah lain di Indonesia. Komunitas Madura yang besar dapat ditemukan di sejumlah pulau di Indonesia, yang umumnya menempati wilayah-wilayah pesisir.

Pages: 1 2 3

7 thoughts on “Sekilas Mengenal Sekitar Madura”

  1. SAYA sebagai pemuda madura bangga dan merasa senang dengan adanya media-media aktual di madura.. semoga semua media yang ikut mencerdaskan kehidupan dan watak para remaja dan mampu mengingat tokoh-tokoh madura yang telah memberikan perbedaan dan perubahan yang nyata khususnya LONTARMADURA.com

    LANJUTKAN…..

  2. madura butuh media yang baik , agar madura tidak tertinggal di bidang apapun…

    saya bangga dengan para media madura … semoga terus maju dan memberikan berita aktual bagii penerus bangsa khususnya penerus dari tanah sendiri

    #settong dhere

  3. Bravo Lontar Madura dan Jayalah Madura Raya.
    Semoga blog ini menjadi media informasi yang efektif untuk memperkenalkan Madura sebagai sebuah komunitas, etnik, budaya yang unik dari zaman dahulu hingga sekarang. Sebagai bagian dari orang Madura saya mengajak dan berharap seluruh TRETAN yang berada diseantero dunia bersatu padu memajukan MADURA.

  4. Baru saja berkunjung, saya tertarik blog ini, karena banyak dibutuhkan sebagai referensi.
    Teima kasih

  5. Selamat atas Terbitnya blog LONTAR MADURA, sebagai orang madura tulen saya sangat berharap smoga LONTAR MADURA menjadi media yg efektif mengenalkan seluk beluk orang Madura yang selama ini hanya identik dengan kebiasaan (bukan Budaya-banyak yang salah kaprah) yang kurang baik, salah satunya adalah CAROK.

    1. Terima kasih atensi anda. Lontar Madura sekedar bagian terkecil dari sebuah obsesi yang besar, untuk mengembangkan ingatan bahwa sebenarnya Madura mempunyai kekuatan budaya yang adiluhung dan perlu dipertahankan dan dikembangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.