▲ Menuju 🏛 HomeTradisi MaduraTradisi Ter-ater Berbagi Rasa Masyarakat MaduraPage 2

Tradisi Ter-ater Berbagi Rasa Masyarakat Madura

Berbagi Rasa

Pada prinsipnya tradisi ter-ater mempunyai tujuan silaaturrahim antar tetatangga, sanak famili dan kerabat keluarga dengan media berbagai rasa makanan, meski kerap yang terjadi menu masakan yang dihantar hampir tidak ada perbedaan. Uniknya meski seseorang  (satu rumah tangga) mendapat sekian hantaran, namun tidak akan  dihantar kepada pihak lain. Karena apabila hasil hantaran kemudian dihantarkan kepada orang lain, akan menjadi celaan dan mendapat sangsi sosial dari lingkungannya, yaitu akan menjadi san-rasan atau erasani tidak baik karena tidak menghargai hasil ter-ater.

Bagi masyarakat tradisional Madura (pedesaan maupun perkotaan) terater merupakan “kewajiban” yang harus dijalankan, karena menyangkut rasa malo atau todus. Dan ter-ater tidak dihitung seberapa banyak atau seberapa enak masakan yang dihantar. Meski demikian ter-ater diusahakan dengan menampilkan sesuatu yang bernilai dibanding suatu masakan makanan yang disantap setiap harinya.

Dua hal penting bagi masyarakat Madura dalam berbagi rasa masakan. Pertama kepada tamu. Tamu diberi nilai tinggi dalam hal penyediaan perhargaan makanan. Satu kebiasaan tuan rumah, memberi hidangan kepada tamu merupakan hal prinsip sebagai salah satu bentuk nilai kehidupan sosialnya. Sebagaimana terjadinya carok di Madura, tiga alasan mendasar yang menyebabkan terganggunya seseorang, yaitu:  harga diri, wanita dan air (baca : Kilasan kenangan Hitam “Carok”).

Jadi apabila seseorang menghidangkan makanan kemudian oleh tamu tidak dimakannya maka sama artinya mengganggu harga diri, karena ketika seseorang menghidangkan makanan untuk tamu, berarti dia (mereka) telah mengorbankan apa yang mereka miliki (menu makanan – meski hanya memiliki seekor ayam) demi sang tamu. Yang kedua, yaitu ter-ater yang dapat dikategorikan sebagai bentuk pristise keluarga dalam memberikan nilai terhadap orang lain.

Pages: 1 2 3 4
Ditayangkan: 21-08-2012 | dibaca : 10,120 views
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...
▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫▫

Yang Menarik: 

1 thought on “Tradisi Ter-ater Berbagi Rasa Masyarakat Madura”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kembali ke Atas

Home - Sejarah Madura - Budaya Madura - Tradisi Madura - Sastra Madura - Wisata Madura
Tokoh Madura - Peristiwa Madura - Legenda Madura - Permainan Anak Madura
Penginapan di Madura - Jarak Kota Jawa Timur - Jarak Kota Jawa Bali
Forum Madura - Kirim Artikel - Komentar - Daftar Isi