▲ Menuju 🏛 HomeLegenda MaduraAwal Berdirinya Kraton Pangeran Blega

Awal Berdirinya Kraton Pangeran Blega

Kraton Pangeran BlegaSetelah wafatnya Pangeran Pratano ( Ki Lemah Duwur ) Kerajaan Arosbaya diganti oleh puteranya yaitu : Pangeran Tengah pada tahun : 1592 – 1620. Di Blega yang jadi raja Pangeran Blega yaitu pada tahun : 1593 – 1624

Dikisahkan diantara Pangeran Tengah dan Pangeran Blega terjadi kesalah pahaman.Di saat jaya-jayanya kedua bersaudara timbul masalah hanya urusan sepele yaitu telat pembayaran upeti oleh karena Pangeran Blega masih dibawah pemerintahan Pangeran Tengah ( Arosbaya ). Sudah biasanya Pangeran Blega setiap tahun membayar uang upeti kepada raja Arosbaya ( Pangeran Tengah )

Diwaktu tahun berikutnya, Pangeran Blega terlambat membayar uang upeti, sehingga ada utusan dari Pangeran Tengah untuk menagih uang upeti tersebut. Disaat itulah penjaga pintu gerbang atau tempatnya sekarang diberi nama Desa Bates ( Kec Blega ) melihat iring – iringan prajurit menunggang kuda lengkap dengan senjatanya. Seketika itu pula kedua penjaga pintu gerbang sambil menunggang kudanya kencang sekali menuju ke Kraton Blega. Sesampainya di hadapan Pangeran Blega, ke dua prajurit penjaga pintu gerbang memberi tahu bahwa ada iring-iringan prajurit banyak sekali dan lengkap dengan senjatanya.

Setelah mendengarkan apa yang dikatakan kedua prajurit itu, akhirnya Pangeran Blega menyuruh patihnya yaitu : Pangeran Macan Putih. Pngeran macan putih langsung bertiga bersama kedua prajurit penjaga pintu gerbang menuju perbatasan atau desa Bates. Kemudian utusan Pangeran Tengah telah sampai di pintu gerbang. Setelah ditanya oleh Pangeran Macan Putih apa maksud dan tujuan sehingga membawa prajurit banyak sekali dan lengkap dengan senjatanya. Akhirnya dijawab oleh Prajurit Pangeran Tengah.

Maksud dan tujuan untuk menagih uang upeti. Tidak layak kalau hanya menagih uang upeti membawa prajurit sebanyak itu, seharusnya orang dua cukup katanya Patih Pangeran Macan Putih. Pokoknya mau tak mau harus masuk, katanya Prajurit Pangeran Tengah yang dari Arosbaya. O, kalau begitu langkahi mayat saya dulu, baru bisa masuk,katanya : Patih Pangeran Macan Putih.Maka terjadilah perang diantara prajurit Arosbaya dengan Pangeran Macan Putih dan kedua penjaga pintu gerbang.

Pages: 1 2 3

1 thought on “Awal Berdirinya Kraton Pangeran Blega”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.