Tradisi Ritual Tolak Balak Warga Arosbaya Bangkalan

tradisi ritual
(foto: maduracorner)

Ribuan warga Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan Madura, melakukan ritual tolak balak sebagai bentuk usaha agar terhindar dari mara bahaya dan berbagai macam penyakit.

“Malam ini adalah malam terakhir, jadi selam 9 malam semua warga masyarakat membaca burdah secara bersama-sama,” kata, Mahmudi, seorang tokoh masyarakat Arosbaya, Kamis malam. (25/09)

Acara ritual ini dilakukan secara serentak di masjid-masjid dan musholla setempat dengan baca-bacaan sholawat dan burdah sebagai bentuk permohonan kehadirat Allah SWT, agar masyarakat setempat terhindari berbagai masalah, khususnya bahaya penyakit.

Malam ini merupakan malam  ke-9, masyarakat yang sejak malam pertama membacakan burdah berkeliling kampung, diakhiri dengan pembacaan yaasin dan solawat nariyah serta pemotongan tumpeng nasi uduk, yaitu nasi uduk  berwana putih dan  kuning.

Mahmudi menjelaskan, tradisi ritual ini dilakukan masyarakat setempat secara terun temurun. “Berdoa dengan membaca burdah ini dilakukan sejak saya kecil sudah ada tradisi seperti ini, dan tujuannya bukan hanya berdoa untuk masyarakat sini, tapi juga untuk bangsa kita,” tambah anggota DPRD Bangkalan ini.

Hal ini juga dibenarkan oleh KH. Hamzah Amyat Munawir, pimpinan Ponpes Al Muhajirin kampung Paserean, desa Buduran  kecamatan Arosbaya, pembacaan burdah keliling itu selain untuk menolak balak dan segala jenis penyakit, juga sebagai syiar Islam.

“Sekarang ini banyak orang yang lupa terhadap burdah, padahal membaca burdah ini selain untuk menampakkan syiar islam, juga bisa menolak segala macam penyakit,” jelasnya.

Pembacaan burdah, tambah KH Amyat, dilakukan selama 40 hari, namun pada saat ini hanya dilaksanakan selama 9 malam. “Dulu kalau terjadi wabah penyakit masyarakat membaca Burdah selama 40 hari, saya juga berharap tradisi membaca burdah seperti ini bisa ditiru daerah lain di Indonesia untuk keselamatan bangsa,” pungkasnya. (syaf/mc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *