Topeng Gethak Tari Pembuka Ludruk Sandur

Sebagaimana kesenian Topeng Dalang Madura  yang cukup populer dikalangan masyarakat, Tari Topeng Gethak adalah salah satu bentuk seni tradisi kesenian masyarakat Madura,  yang menjadi bagian dari seni pertunjukan Ludruk Sandur di Kabupaten Pamekasan – Pulau Madura. Pada mulanya tari topeng Gethak tidak dapat dipisahkan dari pertunjukan kesenian Ludruk Sandur itu sendiri.

Kesenian Sandhur atau ludruk Sandhur ialah seni pentas semacam bentuk tonil yang pernah berkembang serta diminati oleh masyarakat Pamekasan , khususnya dikalangan masyarakat pedesaan.  Hampir semua pelosok  di Kabupaten Pamekasan mengenal kesenian Sandhur dan menjadikan salah satu jenis hiburan rakyat.  Hal ini dapat dibuktikan dari keberadaan pertunjukan seni Sandhur pada setiap peristiwa pesta perkawinan, khitanan atau bentuk  hajatan lainnya, kesenian Sandhur menjadi tanggapan sebagai bentuk bukan sekedar hiburan, juga dalam usaha masyarakat melestarikan tradisi yang diminati masyarakat setempat.

Dalam pertunjukan Kesenian Sandhur, terdiri dari 4 macam sajian kesenian yang  membentuk satu reportoar penyajian  yaitu Pajuan (andhongan), Tarian Rondhing, Tari Topeng Klonoan/Getak, dan  seni portunjukan Ludruk Sandhur, yang menjadi sajian utama dari kesenian sajian pertnjukan. Sandhur digelar dalam bentu cerita semalam suntuk. Sedang Tari Topeng Getak merupakan salah satu tarian pembuka dalam suatu sajian Kesenian Sandhur.

Tari Topeng Getak awalnya bernama Tari Klonoan. Tarian ini menggambarkan tokoh Prabu Bolodewo dalam lakon Topeng Dhalang Madura yang ditiru oleh masyarakat awam. Topeng Dhalang Madura  sendiri yang berkembang di Kabupaten Sumenep pada awalnya digelar dikalangan kerator, namun pada proses berikutnya Topeng Dalang banyak ditonton oleh masyarakat secara terbuka. Hal ini dapat dilihat dari sejumlah kelompok atau perkumpulan Topeng Dalang menyebar disejumlah wilayah seperti Kecamatan Kalianget, Bantang-bantang, Dasuk, Ambunten dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *