Ramuan Jamu Madura, Bukan Hanya Perkasa

Posted on 31/01/2012

Kepopuleran ramuan tradisional Madura memang tidak dapat diragukan lagi. Dalam pandangan masyarakat umum, ramuan yang berasal dari pulau di sebelah timur laut Jawa Timur ini lebih dikenal sebagai solusi manjur untuk mengatasi persoalan gangguan seksual. Namun demikian, sejatinya ramuan Madura tidak hanya berfungsi afrodisiak, melainkan juga terbukti berkhasiat ampuh untuk perawatan kesehatan tubuh.

Jangan menganggap ramuan Madura hanya diperuntukkan bagi kaum hawa, misalnya dengan popularnya istilah ramuan ‘sari rapat’, ramuan ‘tongkat Madura’, ataupun jamu ‘empot-empot’ yang keseluruhannya memang diperuntukkan bagi perawatan organ kewanitaan. Ramuan tradisional Madura juga memiliki racikan khusus untuk pria. Pada umumnya ramuan tersebut dimaksudkan untuk menjaga stamina dan menambah daya tahan tubuh pria.

Ditilik dari tradisi mengkonsumsi ramuan tradisional untuk kesehatan dan menjaga stamina, daerah lainnya tentu juga punya. Namun, apa yang membuat ramuan (baca: jamu-jamu) Madura begitu popular sehingga produknya begitu mudah ditemukan di hampir semua depot jamu maupun toko obat bahkan apotik hingga di luar kawasan Madura sendiri? Ramuan Madura Memang Beda “Ramuan Madura punya ciri yang berbeda dengan ramuan daerah lainnya.

Setiap jenis ramuan Madura pada umumnya menggunakan komposisi campuran bahan-bahan herbal cukup lengkap. Selain itu, campuran herbal bahan ramuan Madura berinteraksi saling melengkapi, sehingga dapat meningkatkan khasiat. Ini yang menjadi keistimewaan ramuan Madura,” papar Dra. Hj. Sriana Aziz, Apt., yang melakukan penelitian medis mengenai manfaat unsur-unsur herbal ramuan tradisional Madura dan sebagian telah dipatenkan dalam merek Miliherb.

Seiring kecenderungan kembali ke alam (back to Nature), maka produk ramuan tradisional makin berkembang, termasuk ramuan Madura yang makin banyak penggunanya. Ramuan Madura telah banyak dipasarkan, dengan kemasan menarik dalam bentuk kapsul, bubuk ataupun pil. Menjamurnya produk obat atau jamu tradisional, maka sebagai konsumen Anda perlu berhati-hati, mengingat semakin banyak beredar produk jamu kesehatan yang tidak memilki ijin dari Balai Pengawasan Obat dan Makanan (POM). Berikut ini tips singkat ketika Anda akan membeli ramuan tradisional dalam bentuk kampul, bubuk ataupun pil yang dijual bebas.

  • Perhatikan nama jamu/ ramuan tradisional
  • Pilih yang tidak mengandung zat pewarna, hormon sintetis serta alkohol
  • Lihat kemasannya. Belilah hanya yang sudah terdaftar di Depkes RI dengan cara memeriksa label pengesahan pada kemasan jamu instan.
  • Lihat nomor pendaftaran, nama dan alamat industri
  • Perhatikan komposisi bahan baku * Perhatikan peringatan dan kontra indikasi
  • Lihat Nomor kode produksi

Bahan-bahan ramuan Madura mudah didapatkan, terutama di pasar tradisional maupun depot jamu, sehingga para pengguna dengan mudah bisa mendapatkan bahan untuk membuat ramuan yang diinginkan. Bahkan sebagian diantaranya mungkin selalu tersedia di dapur anda.

Yakni berupa rempah-rempah dan bumbu dapur. Ingin menerapkan tradisi ramuan Madura untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan stamina? Kami kutip sejumlah resep ramuan yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Silahkan mencoba, dan membuktikan khasiat ampuh ramuan Madura. Detoksifikasi Darah Bahan: Temu Ireng 15 gram kering Temu lawak 15 gram kering Kayu secang 15 gram kering Cara membuat: Rebus semua bahan dalam 3 gelas air dengan api kecil sampai mendidih. Setelah air rebusan tersisa separuhnya, angkat dan dinginkan, lalu saring.

Minum ramuan 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas. Minum secara teratur setiap hari selama 2 minggu. Batuk Bahan: Biji adas 10 gram kering Kulit kayu manis Cina 5 gram kering Cabe Jawa 5 gram kering Jahe merah 10 gram kering Tapak liman 15 gram kering Daun sendok 15 gram kering Cara meramu: Rebus semua bahan dalam 4 gelas air dengan menggunakan kuali gerabah, api kecil. Setelah mendidih dan rebusan tersisa setengahnya, saring dan dinginkan. Minum ramuan 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

dijemput dari: http://www.duniawedding.com/

Tags: , , ,

Categories: Aneka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *